Kulit masalah? Belajar cara terbukti untuk menjaga kulit yang berminyak.

Kulit masalah? Belajar cara terbukti untuk menjaga kulit yang berminyak.

14 Februari 2019 Off By Sitaara binti Munsif

Muka oily saja sudah cukup bikin pusing, belum lagi kalau gampang ‘rewel’. Mulai dari jerawat, kusam, sampai dengan terbakar atau penuh kilap bikin kepala pusing. Hal inilah yang menyebabkan kantong gampang kering kalau sampai masalah kulit muka tidak segera ditangani. Padahal dengan cara merawat kulit wajah sensitif dan berminyak yang tepat harusnya sebagian besar komplikasi kulit bisa dicegah.

Penyebab produksi minyak berlebih pada wajah

  • Stres
    Pada saat stres, organ dalam tubuh Anda otomatis diatur dalam fight-to-fight mode, kondisi ini lalu memicu peningkatan produksi keringat oleh kelenjar keringat.
  • Hormon reproduksi
    Hadirnya hormon reproduksi terutama pada masa menstruasi mampu memicu peningkatan produksi keringat. Kondisi ini lalu akhirnya menimbulkan jerawat. Tak heran pada masa menstruasi maupun menopause, kulit wajah wanita cenderung lebih berminyak dari biasanya.
  • Penggunaan kosmetik
    Menggunakan kosmetik yang terlalu berat, dapat menghalangi keluarnya keringat dari pori-pori dan menyebabkan adanya timbunan keringat.
  • Keturunan
    Sering kali karena orangtua Anda memiliki kulit dengan jenis yang berminyak, maka kulit Anda juga mudah berminyak.

Pastikan dulu kulit Anda memang berminyak

Cara membersihkan kulit berminyak yang paling pertama adalah mengetahui jenis kulit yang Anda miliki. Beda jenis kulit, beda pula perawatannya. Perawatan yang sudah Anda lakukan akan berakhir sia-sia jika Anda tidak memahami jenis kulit Anda sendiri. Nah, cara terbaik untuk memastikan jenis kulit Anda adalah dengan konsultasi ke dokter kulit.

Meski begitu, Anda juga bisa melakukan beberapa langkah untuk mengetahui apa jenis kulit Anda. Sebagai permulaan, ketahuilah berapa kali dalam sehari Anda membersihkan wajah Anda. Jika Anda memiliki kulit berminyak, tisu yang Anda gunakan untuk membersihkan kulit akan menyerap minyak setiap kali Anda membersihkan wajah Anda dalam sehari. Kulit Anda dikatakan tidak berminyak jika setiap Anda membersihkan wajah Anda tidak ada minyak yang terserap oleh tisu yang digunakan. (Petunjuk lain yang menunjukkan kulit Anda tidak berminyak adalah Anda tidak pernah merasa harus mengelap wajah).

Sedangkan jenis kulit yang merupakan kombinasi dari kedua jenis kulit akan cenderung kering pada bagian pipi dan dahi, tetapi terkadang ada penumpukan minyak di sekitar hidung. Jika setelah tes menggunakan tisu tadi Anda cukup yakin memiliki kulit berminyak, berikut adalah beberapa tanda lain kulit berminyak yang harus Anda pastikan:

  • Pori-pori yang besar dan terlihat jelas
  • Daerah T yang mengilap (area yang memanjang di antara dahi dan hidung Anda)
  • Noda, komedo, dan jerawat yang timbul secara rutin
kulit berminyak

Bagaimana cara merawat kulit berminyak di rumah?

Cuci muka dengan benar

  • Sebagai cara merawat kulit berminyak yang paling dasar, silakan cuci muka Anda dengan air hangat. Air hangat dapat mengangkat minyak lebih baik dari air dengan suhu normal.
  • Setelahnya, pilih produk pembersih yang tepat. Apakah Anda lebih menyukai pembersih cair atau pembersih sabun batangan, semua boleh dipakai, yang penting hindari produk pembersih yang mengandung pelembap. Sabun batang sebenarnya lebih efektif tapi ada banyak juga sabun cair yang diformulasikan untuk kulit berminyak.
  • Jika Anda memiliki kulit berminyak dan berjerawat, pilih sabun antibakteri yang diformulasikan dengan benzoil peroksida atau triclosan. Zat ini mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.
  • Gunakan produk pembersih yang mengandung asam alpha-hidroxy (AHA) seperti asam sitrat, asam laktat, atau asam glikolat. AHA dapat membantuk mengelupas sel-sel kulit mati serta mengurangi minyak di pori pori.

Rutin Mencuci Muka

Sebenarnya mencuci muka adalah kegiatan yang mesti rutin dilakukan untuk semua jenis kulit. Jadi jangan malas cuci muka karena bisa membersihkan debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori.

Rutin mencuci muka ini adalah cara merawat wajah berminyak yang paling dasar dan utama. Meski cara ini sangat mudah dan paling ekonomis, dampaknya bagi kesehatan kulit wajah sangatlah besar.

Basuh wajahmu dengan air setidaknya dua atau tiga kali sehari. Sesekali, gunakanlah air hangat karena dapat melebarkan pori-pori dan mengeluarkan kotoran yang menyumbatnya. Selain itu, air hangat mampu mengangkat minyak lebih baik dari air biasa.

Kandungan yodium dalam garam juga ampuh menyerap minyak dengan cepat. Campurkan sedikit garam pada air hangat yang akan kamu gunakan untuk membasuh wajahmu. Dengan begitu parasmu akan terlihat lembap tapi tak banyak minyak.

Eksfoliasi

Eksfoliasi, atau scrubbing, merupakan salah satu langkah perawatan penting untuk kulit berminyak. Kulit berminyak cenderung memiliki lapisan yang dapat dimasuki oleh sel kulit mati dan juga dapat membuat pori-pori menjadi lebih tebal. Pengelupasan kulit ini berguna untuk mengurangi penyumbatan pori dan jerawat sehingga kulit akan terasa lebih halus.

Bahan exfoliator terbaik untuk kulit berminyak adalah asam salisilat (BHA). BHA tidak hanya mengangkat kulit mati di permukaan, tetapi juga mengelupaskan kulit yang ada di dalam pori-pori, sehingga dapat melegakan pori-pori. Hasilnya, produksi minyak akan lebih baik dan teratur. BHA yang digunakan secara rutin akan membantu memudarkan tanda merah dari noda bekas jerawat.

Manfaat lain dari asam salisilat adalah memiliki sifat antiradang yang dapat mengurangi iritasi dan menurunkan produksi minyak berlebih.

Rumah cara-cara

Tanah liat kosmetik, juga disebut sebagai tanah liat penyembuhan, digunakan untuk membantu menyerap minyak kulit dan mengobati banyak kondisi kulit. Tanah liat hijau Perancis adalah perawatan favorit untuk kulit berminyak dan jerawat karena sangat menyerap. Tanah liat hijau Prancis akan datang dalam bentuk bubuk.

Untuk membuat masker tanah liat hijau Perancis yang cocok untuk spa:

  • Tambahkan air yang disaring atau air mawar ke sekitar satu sendok teh tanah liat sampai membentuk konsistensi seperti puding.
  • Aplikasikan campuran tanah liat untuk melihat wajah Anda dan biarkan hingga kering.
  • Ambil tanah liat dengan air panas dan keringkan.
  • Masker tanah liat yang dilepaskan dengan air lebih lembut pada lapisan kulit Anda daripada masker yang dikupas.

Scrub yang terbuat dari mentimun bisa dibilang ramuan yang paling mudah untuk Anda siapkan. Mentimun memiliki kemampuan untuk menghilangkan minyak berlebih pada wajah Anda, dan membuat wajah jadi terasa lembap dan terhidrasi dengan baik. Berikut cara membuatnya:

  • Siapkan satu buah mentimun
  • Parut mentimun hingga bertekstur kecil seperti scrub
  • Aplikasikan mentimun pada wajah
  • Diamkan selama 20 menit
  • Bilas dengan air
Sending
User Rating 5 (1 vote)

Universiti Calgary - pakar pemakanan sukan/ pakar diet, pakar kosmetik. Pakar pemakanan dan kesihatan, bertapak di Kuala Lumpur. Beliau terkenal dalam pelbagai penerbitan industri kesihatan & kecantikan. Beliau juga merupakan pengarang bersama beberapa buku mengenai kehidupan bahagia. Beliau merupakan lulusan beberapa ijazah dalam kursus Kesihatan dan kosmetik di seluruh dunia. Seorang ibu dan isteri yang bahagia. Beliau suka berenang serta bermain tenis.